Bagaimana Cara Menjadi Bintang Iklan Tanpa Ikut Agency

Menjadi bintang iklan merupakan salah satu karir yang diimpikan oleh muda-mudi di Indonesia. Meskipun bukan karir jangka panjang, setidaknya menjadi bintang iklan merupakan ‘batu loncatan’ yang bagus — untuk meniti karir yang lebih jauh lagi di dunia entertainment.

Banyak sekali yang penasaran seperti apa cara menjadi bintang iklan. Sebenarnya, ada cara yang lebih mudah untuk menjadi bintang iklan — yaitu dengan bergabung bersama agency. Namun, kekurangannya adalah, fee sebagai bintang iklan akan dipotong hingga 30% oleh Agency tersebut.

Karena alasan tersebut, ada beberapa yang ingin tahu cara menjadi bintang iklan tanpa melalui agency. Cara tersebut memang ada, namun membutuhkan kerja keras yang lebih. Dan di sini akan dijelaskan bagaimana cara menjadi bintang iklan tanpa harus bergabung dengan agency.

Seperti apakah caranya?

Apabila kamu termasuk yang ingin menjadi bintang iklan tanpa agency, maka kamu harus tahu beberapa hal yang harus kamu lakukan.

Info Casting

Yang harus kamu ketahui, cara menjadi bintang iklan itu HARUS MELALUI CASTING. Apabila kamu tidak memiliki agency, maka kamu harus mencari tau sendiri info mengenai lowongan casting untuk menjadi bintang iklan.

Selain melalui lowongan, biasanya ‘ajang pencarian’ model iklan juga bisa dilakukan melalui audisi terbuka yang diselenggarakan oleh brand / merk produk tertentu. Biasanya info-info seperti ini ada saja di internet, utamanya yang berbasis media sosial — seperti Facebook dan Instagram.

Jadi kunci pertama yang harus dilakukan adalah, JANGAN MALAS untuk mencari tahu mengenai lowongan casting maupun audisi mencari model bintang iklan. Hal ini dikarenakan kamu bergerak seorang diri — tanpa bantuan dari agency manapun.

Di era digital seperti sekarang ini, informasi tersebut bisa didapat dengan mudah. Kamu bisa mengunjungi website atau media sosial resmi milik PH ataupun Brand — kemudian langsung mengontak mereka perihal jadwal casting. Cara seperti ini disebut dengan istilah ‘menjemput bola’. Dan cara seperti ini jauh lebih baik ketimbang hanya ‘menunggu bola’ datang.

Tempat Casting

Hal selanjutnya yang harus kamu perhatikan adalah, tempat casting. Meskipun era sekarang serba digital, namun ada kalanya kamu harus mendatangi tempat casting secara langsung.

Biasanya, casting yang sifatnya online hanya seleksi awal saja. Apabila kamu sudah ke tahap yang lebih jauh, maka kamu harus mendatangi tempat casting — dan langsung menunjukkan kemampuanmu di depan para juri. Istilahnya adalah tatap muka langsung dengan pihak penyelenggara casting.

Apa saja yang harus kamu lakukan di tempat casting?

Pada umumnya, saat casting untuk iklan — si talent akan diminta untuk:
– Isi absen
– Ditanya mengenai biodata
– Sesi foto-foto
– Disuruh akting beberapa menit.

Jangan lupa, di tempat casting bukan cuma kamu yang akan diseleksi. Sekiranya ada banyak talent yang akan menjadi ‘saingan’mu. Untuk itu, tunjukkanlah performa terbaikmu, berikanlah keunikan tersendiri, dan jangan lupa untuk berdoa sebelum memulai casting.

Berapa penghasilan pertama sebagai bintang iklan?

Meski terdengar ‘sensitif’, namun penghasilan pertama seorang bintang iklan — mungkin menjadi hal yang membuat kamu penasaran. Menurut sebuah sumber, penghasilan seorang bintang iklan tergantung dari brand yang dibintanginya, tingkat kesulitan dalam syuting iklan, masa kontrak iklan dan peran dalam iklan (apakah sebagai main talent, supporting, ataukah extras).

Untuk kategori yang terakhir, ada bocoran yang menyebutkan bahwa penghasilan dari main talent bisa mencapai ratusan juta, supporting mencapai jutaan — dan extras kemungkinan di bawah 1 juta. Namun, semua kembali lagi pada iklan yang akan diperankan, apakah iklan dari produk mahal — atau produk biasa.

Kelebihan dan kekurangan mengikuti casting via agency

Penjelasan yang diuraikan di atas adalah gambaran bagaimana menjadi bintang iklan tanpa melalui agency. Apabila kamu tergolong orang yang pengen simpel, alangkah baiknya agar kamu bernaung dibawah agency tertentu. Namun sebelumnya kamu harus tahu kelebihan dan kekurangan apabila bergabung bersama Agency.

Kelebihan
– Lebih simpel, tinggal menunggu informasi casting dari agency
– Lobby akan dilakukan oleh agency — yang tentunya lebih berpengalaman dalam hal berkomunikasi
– Agency memiliki koneksi dan hubungan baik dengan brand, PH dan media — memungkinkan talent memiliki banyak ‘pintu’ dalam hal popularitas.

Kekurangan
– Biasanya akan ada biaya masuk agency dalam jangka waktu tertentu, misalnya 2 juta pertahun atau lebih.
– Akan ada fee di setiap job yang didapat talent, biasanya dikisaran 25%-30% untuk agency
– Bersaing dengan talent-talent lain yang ada di agency tersebut, memungkinkan adanya talent yang di’anak emas’kan dan talent yang di’anak tirikan’.

Setelah membaca semua penjelasan di atas, tinggal kamu yang menentukan — apakah casting menjadi bintang iklan melalui agency, atau mungkin tanpa agency. Yang pasti, kamu harus tetap berusaha — yang manapun pilihan yang akan kamu pilih. Selain itu, jangan lupa untuk selalu berdoa kepada Tuhan — agar segalanya bisa dimudahkan, dan semuanya bisa berjalan sesuai harapan.

Sekian dahulu ulasan dari kami mengenai cara menjadi bintang iklan tanpa melalui agency. Semoga ulasan ini bisa menambah wawasanmu seputar dunia keartisan di Indonesia. (sumber: Selebshop)

Add your comment

Your email address will not be published.