Apa Kabar Genre Musik Grunge di Indonesia

Musik grunge di Indonesia kini makin berkembang. Belakangan ini, komunitas-komunitas musik grunge yang merupakan sub dari rock alternatif menghasilkan band-band yang mempunyai basis fans kuat di Indonesia.

Dualisme misalnya. Band yang lahir pada tahun 31 Desember 2009 ini menjelaskan kalo musik grunge tetap memiliki basis fans kuat di kota-kota diseluruh Indonesia. Band yang digawangi oleh Haris (Vokal), Ezil (Bass), dan Aran (Drum) bisa eksis karena dukungan pecinta musik grunge.

Band Dualisme ini terinspirasi dari band legendaris yang di gawangi oleh Kurt Cobain, yaitu Nirvana. Band grunge yang sangat fenomenal dan merubah sejarah musik grunge dengan karya-karyanya.

“Kami lahir dari komunitas grunge, 60 persen lagu kami terinspirasi dari Nirvana,” ucap Haris”Di kota-kota yang selalu kita sambangi komunitas musik grunge selalu ada dan berkembang,” tambah Aran.

Dualisme yang telah menelurkan album Dualisme 1 (2010), Dualisme 2 (2011), dan Bodo Amat pada 2018 ini mengaku memang terinspirasi dari band grunge terkenal, Nirvana. Lagu yang dihadirkan pun sedikit banyak sangat dekat dengan musik-musik Nirvana.

Source : jborden.com

“Dalam lirik, kita tidak lupa dengan kehidupan yang terjadi sehari-hari yang penuh warna dengan keunikan. Tema yang fleksibel dan pendengar bebas memilih interpretasinya,” ungkap Haris.

Untuk eksis hingga meraih pasar nasional, Dualisme bekerjasama dengan Massto Sidharta, Adik Bimbim ‘Slank’ yang juga merupakan drummer The Sidhartas. Dalam album “Bodo Amat”, Dualisme menyajikan lagu kritis seperti Maling, Benalu yang Lugu, Manusia Sampah, Bodo Amat, Dunia Para Banci, Dualisme Song, Bosan, Pecitraan, Orang Gila.

Musik grunge di Indonesia kian berkembang dan menjadi gokil, banyak karya-karya yang dibuat oleh para musik grunge di Tanah Air. Gak hanya Dualisme aja yang berkarir di musik grunge, masih banyak lagi band-band cadas yang beraliran grunge, yang membuat berkembangnya musik grunge di Indonesia.

Tentu dari banyaknya band grunge di Indonesia, sangat terinspirasi dan mengidolakan band Nirvana apalagi sang frontman Kurt Cobain. (KlikANTV)