6 Tips Jitu Agar Bisa Lolos Audisi Kontes Idol

Kemampuan bernyanyi adalah syarat utama. Namun bukan hanya kemampuan bernyanyi yang dibutuhkan agar bisa lolos Indonesian Idol, misalnya, tapi tampang dan aura konsisten yang meyakinkan juga penting untuk melanjutkan estafet ke blantika musik Indonesia yang lebih berkarakter dan bersaing di mata dunia.

Mindset ini perlu ditanamkan oleh siapa saja yang mendeklarasikan diri untuk ikut serta dalam ajang pencarian bakat Indonesian Idol. Bila hanya ingin coba-coba, ikut-ikutan, atau sekedar taruhan nasib, sebenarnya tidak apa-apa, itu positif juga, namun perlu diterima lapang dada bila ternyata niatan tersebut akhirnya berbuah keputusan pahit, ditolak juri. Tidak ada yang bisa dilakukan selain intropeksi.

Untuk Anda yang pernah dan sedang ingin mengikuti ajang kontes idol, ada baiknya memahami tips agar lolos audisi Indonesian Idol dan diterima hingga menuju 10 besar.

1. Pilihan Pakaian
Berpakaianlah semestinya, berkarakter tersendiri, berani, cuek tapi matching. Tidak perlu mengikuti cara berpakaian Idola Anda selama postur tubuh Anda tidak sekalipun hampir sama dengan postur tubuh Idola Anda.

Anda akan terlihat menor dan terkesan memaksa untuk memberikan hal yang unik di mata juri. Intinya tidak perlu tiru-tiru karakter pakaian orang lain, kalau mati gaya, ya tiru sedikit saja, tapi yang penting jadilah Anda yang sebenarnya.

2. Mimik wajah

  • Slow but sure, keep calm. Istilahnya mimik wajah kamu tidak memusingkan banyak orang. Senyumlah seperlunya, dan tertawalah sepenuhnya, bila lagu yang anda tampilkan saat audisi lagu yang kalem, adem, sayu atau melo.
  • Ceriahlah seperti ceriahnya keseharian Anda, jangan dibuat-dibuat. Bila dibuat-buat, bukan hanya juri yang akan ilfil, penonton di rumah akan risi menonton Anda, dan tidak sedikit akan mencibir Anda hari itu juga.
  • Saat bernyanyi, koreografi ekspresi Anda setidaknya mesti berbanding lurus dengan syair lagu yang dibawakan. Latihlah hal ini dengan tekun, gunakan cermin yang besar minimal, setengah badanĀ  Anda terlihat saat Anda bercermin. Latihlah mimik Anda selaras mungkin dengan syair lagu yang Anda ingin bawakan saat Audisi. Bila perlu latihan dengan alat musiknya juga bila alat musikanya diikut sertakan nanti.

3. Cara berkomunikasi
Ingatlah bahwa pengeras suara saat Audisi sangat terbatas, begitu juga dengan posisi dan jarak Anda berkomunikasi dengan juri itu telah dibatasi.

Maka, berbicaralah yang lantang. Tapi untuk awal agar Anda bisa merasakan komunikasi Anda terdengar jelas atau tidak, cobalah awali dengan sapa dan salam saat Anda baru masuk ke ruangan Audisi. Pastikan salam dan sapa Anda didengar lalu dijawab oleh mereka (juri) dengan jelas bagi telinga Anda.

Di sinilah momen anda bisa mengukur range atau gema suara Anda sedini mungkin. Lalu buatlah volume suara Anda dalam berkomunikasi setenang dan sebijak mungkin agar bisa nyambung, kalau gak nyambung, kewibawaan Anda sebagai calon vocalis udah ambruk duluan saat itu juga.

4. Pemilihan Lagu
Pemilihan lagu termasuk hal yang berperan banyak dan menentukan menarik atau tidaknya Anda di langkah selanjutnya. Audisi adalah ibarat bertemu dengan kenalan untuk pertama kali. Kesan pertama yang dinantikan dalam audisi ini adalah kecakepan pilihan dan karakter anda dalam membawakannya.

Bila ingin membawa seperti aslinya maupun dengan karakter Anda sendiri, maka jangan tanggung atau setengah hati, bawakanlah dengan TOTAL. Paling tidak sediakan 2-5 lagu dengan tempo atau bahasa yang berbeda yang bisa Anda bawakan secara total karena terkadang salah satu di antara juri audisi meminta Anda untuk menyanyikan lagu yang lain.

Level ini hanya bisa dilakukan oleh kontestan yang telah menyiapkan lagu pilihannya jauh hari beserta gaya yang akan dibawakan. Rencanakanlah sedini mungkin, dan jangan segan-segan untuk mengajak orang yang Anda tuakan dalam hal musik untuk latihan bersama Anda.
Entah lagu barat, atau lagu lokal, tergantung cara Anda membawakannya. Yang terpenting untuk audisi, sesuaikanlah dengan karakter suara Anda. Bila suara Anda string, tajam, nyaring, maka tentu hal yang kurang nyaman didengar bila saat audisi anda membawakan lagu Iwan fals atau lagu boby romeo.

Lain halnya bila Anda sudah 10 besar Indonesian Idol, ada tutor yang mendampingi Anda dalam memilih , menyesuaikan dan memodifikasi lagu apa saja agar bisa Anda bawakan dengan nyaman.

5. Kepribadian
Kita sepertinya sepakat bahwa Juri Indonesian Idol 2014 saat ini berkarakter tegas dan kritis. Jangan coba berkepribadian sok-sokan, malas senyum, ngomongnya kegedean, sok imut, dan terlalu SKSD atau terlalu low profile. Ini kepribadian yang bikin juri bahkan penonton khawatir akan masa depan musik Indonesia.

Bicaralah seperlunya dan tepat sasaran. Bila ditanya jawablah dengan jawaban yang mengena dan seindah mungkin, gak terlalu singkat gak juga terlalu melebar.

Jangan terlalu banyak curhat bila tiba-tiba juri menanyakan kehidupan pribadi. Tampilkan bahwa kepribadian Anda saat ini adalah kepribadian yang sedang mengasah bakat, semangat belajar, dan punya daya juang yang tinggi. Karena bukan karya Anda yang dinantikan, tapi kepribadian Anda yang mengingspirasi jutaan masyarakat Indonesia.

6. Doa
Yang terkahir adalah Do’a. Semua hal bisa terjadi diluar nalar, luar dugaan atau hemat saya adalah keajaiban, tentu ini hanya bisa tercapai bila sebelumnya Anda telah berlatih, berusaha dan mencoba. Do’a bisa menjadi katalisator, atau pelicin jalannya perjuangan Anda. Jangan remehkan do’a. Karena dengan do’a, suara Anda yang nyempreng dan Anda tidak sadari, bisa jadi di telinga juri adalah hal yang berkarakter.

Sumber: JadiBisa.com