5 Faktor Penting yang Menunjang Kesuksesan Seorang Artis

Siapapun, tak akan bisa sukses tanpa bantuan pihak lain — baik secara langsung ataupun tidak. Hal itu juga berlaku dalam dunia keartisan, di mana seorang artis tak bisa meraih kesuksesan kalau dia bekerja seorang diri. Selain adanya campur tangan Tuhan, seorang artis yang sukses juga melibatkan beberapa pihak yang turut berperan dalam popularitasnya.

Siapa sajakah pihak yang dimaksud?

1. Si artis itu sendiri

Back to yourself! Sosok yang paling menentukan dalam kesuksesan si artis adalah dirinya sendiri. Seberapa besar dia memiliki tekad, seberapa keras perjuangannya, seberapa banyak energi, waktu dan pikiran yang digunakannya, serta seberapa jauh ia mengembangkan talenta, keunikan dan kelebihan yang dimilikinya. Semuanya kembali kepada si artis, apakah mampu memperjuangkan semua itu dengan maksimal.

2. Manajemen

Peran manajemen juga sangat vital dalam menentukan kesuksesan si artis. Manajemen yang baik adalah manajemen yang disiplin, memiliki prinsip win-win solution, memiliki strategi marketing yang kreatif, inovatif dan menyesuaikan jaman, serta manajemen yang memiliki chemistry bagus dengan si artis. Untuk itu, pilihlah manajemen yang benar-benar bagus reputasinya, atau bisa juga dengan mengandalkan kerabat sendiri sebagai manajer (seperti Prilly yang dimanajeri ibunya, atau Aliando yang dimanajeri tantenya).

3. Sponsor / produser
Semakin ketat persaingan dunia keartisan, maka semakin besar budget yang harus dikeluarkan. Hal ini memungkinkan keberadaan produser atau mungkin sponsor. Produser bisa dalam bentuk label rekaman, sedangkan sponsor bisa dalam bentuk produk / perusahaan (brand) yang menjadi penyokong dana bagi si artis. Namun, untuk sponsor — si artis harus terus mempromosikan brand dari sang sponsor.
 
4. Media

Media memiliki peranan penting untuk mempublikasikan si artis ke orang banyak. Dengan adanya pemberitaan lewat media, maka nama si artis akan terus diingat masyarakat. Apalagi yang diberitakan adalah prestasi (berita positif), dan sensasi (berita negatif). Asalkan media meliput hal-hal tersebut, maka nama si artis akan viral alias menjadi buah bibir.

Alangkah baiknya lagi, kalau si artis diberitakan secara KONSISTEN oleh media, maka namanya akan terus hadir di tengah-tengah masyarakat.

Perlu diketahui, media adalah sarana penyampaian informasi kepada masyarakat yang biasanya selalu mengikuti arah tren. Jadi masyarakat akan terus ‘memantau’ perkembangan berita lewat MEDIA.

5. Fans dan haters
Ketika si artis sudah mulai dikenal masyarakat, maka si artis akan memiliki fans dan haters. Ingat, kedua faktor ini tak dapat dipisahkan, karena tidak semua orang suka dengan si artis. Selalu ada pihak yang nyinyir dan tak suka, yaitu si haters.
Jadi, ketika si artis punya fans — maka perlakukanlah mereka dengan baik, hargai keberadaan mereka, serta tetap rendah hati di hadapan mereka. Sedangkan cara memperlakukan haters adalah, jangan ditanggapi, jangan pakai emosi dan cuek saja. Anggap saja mereka bagaikan rumput yang bergoyang — tertiup angin sepoi-sepoi.
Kelima hal di atas, sudah bisa kita lihat pada artis-artis yang saat ini tengah sukses. Jadi, apa yang kami tulis di sini bukan berdasarkan ‘insting’ ataupun opini semata, melainkan berdasarkan riset dan pengamatan kami terhadap dunia entertainment di Indonesia. Hal ini tentunya bisa dijadikan bahan masukan bagi teman-teman yang sedang meniti karir untuk menjadi artis.
Sekian dahulu ulasan singkat dari kami mengenai 5 pihak yang terlibat dalam kesuksesan seorang artis. Semoga ulasan ini bisa memberikan manfaat buat kamu, agar lebih memahami seperti apa dunia keartisan di Indonesia.
“Dream, believe, and make it happen..”

Baca artikel lain di MediaSelebriti

Add your comment

Your email address will not be published.